Info Sekolah
Tuesday, 04 Oct 2022
  • YAYASAN PRAYOGA RIAU | SMAS SANTO TARCISIUS DUMAI | SEKOLAH PENGGERAK | PESTA PERAK 25 TAHUN SMAS SANTO TARCISIUS DUMAI. |

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui program Sekolah Penggerak

Diterbitkan :

Apa itu sekolah penggerak? Sekolah penggerak adalah sekolah yang dapat menggerakan sekolah-sekolah lain, dalam meningkatkan pembelajaran sehingga melahirkan murid-murid berprestasi. Yah, sekolah bergerak merupakan salah satu episode Merdeka Belajar. Jika kemarin kita sudah membahas tentang guru penggerak, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang  program sekolah penggerak dan ciri-ciri sekolah penggerak, yang tengah dicanangkan oleh Kemendikbud.

 

Sekolah penggerak, demi kemajuan pendidikan bersama

Menurut Mendikbud Bapak Nadiem Makarim, perubahan sekolah bisa dimulai dari sekolah-sekolah penggerak yang bisa menjadi contoh dalam kegiatan pembelajaran. Bapak Nadiem menuturkan bahwa ” Saya ingin kenalkan satu konsep sekolah penggerak. Sekolah yang dapat menggerakan sekolah-sekolah lain sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik”. Reformasi pendidikan di Indonesia tidak bisa sukses tanpa ada perubahan di dalam sekolah. Sekolah penggerak bisa menjadi panutan, tempat pelatihan, dan juga inspirasi bagi guru-guru dan kepala sekolah lainnya.

 

Dalam sekolah penggerak, guru tidak hanya memberikan pelajaran satu arah, namun juga  berbagai aktivitas yang menyenangkan memuat kompetensi-kompetensi bernalar kritis, kolaborasi, dan kreatif. Lalu apa saja ciri-ciri sekolah penggerak? Ada tiga hal yang selalu di lihat dari sekolah penggerak baik dari guru maupun siswa yakni banyak bertanya, banyak mencoba, dan banyak karya. Nah, berikut ini rangkuman ciri-ciri sekolah penggerak.

 

1. Mempunyai kepala sekolah yang mengerti proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan guru

Menurut Bapak Nadiem, sekolah penggerak adalah sekolah yang mempunyai kepala sekolah yang tak hanya bisa mengatur operasional suatu sekolah, tapi juga mengerti proses pembelajaran siswa dan menjadi mentor bagi guru-guru di sekolah.

 

2. Berpihak pada siswa

Sekolah penggerak memiliki guru yang berpihak kepada anak. Sekolah penggerak memiliki guru yang mengerti bahwa setiap anak berbeda dan memiliki cara pengajaran yang berbeda, sehingga ia mengajar pada level yang tepat dan pas anak itu.

 

3. Menghasilkan profil siswa

Sekolah penggerak tak hanya menyandang sebagai sekolah terbaik, tapi juga mampu menghasilkan profil siswa yang berakhlak mulia, independen dan mandiri, serta mempunyai kemampuan bernalar kritis, kreatif, gotong royong, dan mempunyai rasa kebhinekaan dalam negara dan global.

 

4. Dukungan komunitas

Bapak Nadiem juga mengatakan ciri-ciri dari sekolah penggerak adalah komunitas di sekolah tersebut juga mendukung proses pendidikan. Komunitas orang tua, tokoh masyarakat, maupun pemerintah setempat akan mendukung kualitas belajar siswa.

 

Mendorong hadirnya sekolah penggerak

Guna meningkatkan kualitas belajar siswa di seluruh Indonesia, dalam beberapa tahun ke depan Kemendikbud akan mendorong lahirnya ribuan sekolah penggerak. Sekolah-sekolah ini akan menggerakan sekolah lain di dalam ekosistemnya untuk juga menjadi sekolah-sekolah penggerak selanjutnya. Program organisasi penggerak memberdayakan masyarakat melalui dukungan pemerintah untuk menginisiasi lahirnya sekolah-sekolah penggerak. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Wednesday, 8 Jun 2022

Słowa mają ogromną moc bardzo w to wierze. Mogą inspirować, dawać motywację lub pocieszenie, a gdy go potrzeba. Czasem w jednym zdaniu zaklęta jest madrość, ktorej szukamy w naszym zyciu przez dlugi czas i dzięki wyszukiwarkom znajdujemy ją na takim blogu jak Twój :-).

Reply

Beri Komentar

Enter Captcha Here : *

Reload Image

penulis
agus ardyanto

Tulisan Lainnya